Kamis, 10 Mei 2012

Garis-Garis Besar Program Kerja Aman 2012-2017



Garis-Garis Besar Program Kerja Aman 2012-2017
Sebagian besar masyarakat adat di nusantara masih berada dalam situasi yang memprihatinkan. Untuk menjawab berbagai problematika yang terjadi di komunitas-komunitas adat di seantero nusantara, maka Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke-4 yang dilaksanakan di Tobelo, Halmahera Utara, pada tanggal 23 April 2012, menetapkan beberapa kerangka Program Kerja AMAN 2012-2017.

Bidang Sosial Budaya
Mengembangkan dan mendokumentasikan seluruh budaya adat baik secara digital maupun non-digital kepada generasi muda penerus adat demi pelestarian yang berkelanjutan. Selain itu dibuat strategi promosi budaya adat guna memperkenalkannya kepada dunia.

Bidang Ekonomi
Program ini bertujuan untuk mengangkat potensi-potensi ekonomi komunitas berdasarkan eko-region dan pengembangan basis-basis ekonomi masyarakat adat yang berprinsip pada dasar nilai-nilai budaya adat.

Bidang Penguatan Organisasi
Penguatan organisasi dengan cara pengembangan sistem pembelaan masyarakat adat, sistem informasi dan komunikasi, meningkatkan kapasitas kader, perlindungan hak-hak, pembentukan unit usaha, membangun jaringan, serta penguatan knowledge sharing antar-masyarakat adat.

Bidang Politik
Menyelenggarakan pendidikan politik untuk masyarakat adat, mendorong pemerintah Indonesia dan penegak hukum untuk mengakui peradilan adat secara total. Dalam jangka pendek, program yang wajib dijalankan antara lain harus terus terlibat dengan advokasi RUU Desa dengan beranjak dari substansi yang ada dianggap penting oleh AMAN. Selain itu, tetap mengawal pembentukan RUU PPMA di DPR, serta memperluas hubungan antara organisasi masyarakat adat dan masyarakat sipil lainnya.
Sumber : TIM MEDIA KMAN IV(siaran pers)