Sabtu, 27 Februari 2016

LINGKAR BELAJAR PEREMPUAN DAN AGRARIA

Perempuan Kaltim dan Kaltara Harusnya Ada yang tertarik Bergabung Dalam Program Kegiatan Perempuan dan Agraria Tahun Ini


Pertemuan peserta penerima beasiswa lingkar belajar perempuan dan agraria dengan mitra TAF di Kaltim
Amankaltim.blogspot.com setelah melakukan pertemuan dengan Mitra The Asia Foundation (TAF), Peserta Lingkar Belajar Perempuan yang di tempatkan di Wilayah Kaltim dan Kaltara akhirnya langsung beraktifitas di lapangan menjankan proses belajarnya.

Dari pertemuan dengan Mitra TAF di Kaltim di Fakultas Hukum Unmul (16/02/2016), Para peserta yang tertidiri dari tiga Perempuan akan melakukan pembelajaran mendapingi tiga wilayah di Kaltim dan Kaltara. Yang pertama adalah daerah sempaja, Samarinda (kaltim). Kemudian Desa Liang Buaya, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kaltim) serta  Desa Dulau di Kecamatan Sekatak yang merupakan Komunitas Masyarakat Adat Punan Dulau (Kaltara).

Kristin Pakpahan, Asal Medan menjelaskan  Alasan  mengikuti beasiswa ini karena ketertarikannya tinggal dan mempelajari serta membantu perempuan di wilayah terpencil. Kristin sendiri ditempatkan di Komunitas Adat Punan Dulau (kaltara).

Kristin Pakpahan salah seorang peserta lingkar belajar perempuan asal Medan
yang ditempatkan di Komunitas Adat Punan Dulau, Sekatak (Kaltara)
Program beasiswa lingkar belajar perempuan dan agraria ini sebagai proses belajar antara mitra TAF dengan Sajogyo Institute (SAINS) untuk memfasilitasi tumbuh kembangnya pemimpin perempuan dalam wilayah krisis sosial dan ekologis. Kegiatan lapangan akan berlangsung selama satu tahun.

Nantinya dari program ini diharapkan akan lahir fasilitator etnografer perempuan yang akan aktif memberi pembelajaran dalam lingkar belajar perempuan di desa – desa terpilih yang menghadapi krisis sosial ekologi. Sebelum terjun langsung kelapangan para  peserta penerima beasiswa sebelumnya telah sehingga mereka mampu merekam semua kegiatan dan pengetahun melalui tulisan etnografi dan photovoice.

Memurut Kahar Al bahri dari Jatam Kaltim “pendidikan Agraria yang dilakukan Sajogyo Institute secara material sangat bagus  karena banyak mencetak aktifis yang betul – betul tangguh ditengah masyarakat, dan telah menghasilkan beberapa aktifis perempuan tangguh, dan sekarang Sajogyo Institute kembali melakukan pelatihan untuk mencetak aktifis – aktifis perempuan yang bisa bekerja di kampung – kampung di Kaltim dan Kaltara.”tegasnya. “Tapi saya sebenarnya ada yang sangat disayangkan bahwa tidak ada satu pun peserta dari Kaltim dan kaltara yang mendaftar, akhirnya Sajogyo Institute mengirim jebolan sekolah agraria itu yang berasal dari luar seperti dari Makassar, Palembang dan Medan untuk turun kekampung – kampung di Wilayah Kaltim dan Kaltara dengan satu tujuan untuk mencetak pemimpin perempuan yang muncul dari akar rumput dari kampung – kampung tersebut.”tambah pria yang kerap di sapa Ocha ini.

2 komentar:

  1. ini kisah nyata saya . . . .
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini.

    perkenalkan nama saya Sakinah Aruf, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh. Rasheed atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

    BalasHapus
  2. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus